Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

FIX : Mengatasi Error Unable to locate package Pada Debian VirtualBox

FIX : Mengatasi Error "Unable to locate package” Pada Debian VirtualBox

Mengatasi Error "Unable to locate package” Pada Debian VirtualBox  - Mungkin judul artikel ini pun bisa diganti menjadi Cara Mengganti DVD Pada Debian VirtualBox. Salah satu permasalahan yang sering muncul ketika melakukan instalasi paket software di debian adalah gagalnya instalasi dengan pesan Error "Unable to locate package ....", pesan tersebut muncul dikarenakan sistem tidak mengenali sumber repository dari paket aplikasi yang akan diinstal. Di artikel kali ini saya akan coba menyampaikan penjelasan mengenai masalah yang sering muncul pada Debian saat instal paket software "Unable to locate package …" namun sebelum itu saya akan coba jelaskan sedikit mengenai debian.

Debian merupakan salah satu sistem operasi keluarga linux yang cukup banyak digunakan sampai saat ini, alasannya karena debian salah satu sistem operasi server yang cukup stabil dan sangat aman, selain itu paket aplikasi server di debian cukup lengkap terutama untuk paket aplikasi yang sangat dibutuhkan oleh sebuah server.
Beberapa paket aplikasi server Debian dengan DVD yang berbeda yaitu :
  • Open SSH server, sebagai salah satu aplikasi remote server linux, sehingga server debian memungkinkan untuk bisa diakses dari jarak jauh menggunakan aplikasi remote client seperty PUTTY, Winscp, curasder dll. DVD 1
  • Proxy Server, merupakan sebuah system yang digunakan untuk privacy, menghemat bandwidth dan fitering. DVD 3
  • NTP Server, merupakan sebuah protokol yang memungkinkan waktu di server debian bisa disahre ke komputer client. DVD 1
  • Samba server, sebuah aplikasi linux yang memungkinkan server debian bisa saling sharing data dengan sistem operasi windows. DVD 1
  • DHCP server, memungkinkan server debian bisa memberikan ip address otomatis kepada setiap client yang terhubung, sehingga client tidak perlu repot-repot harus melakukan seting konfigurasi ip address secara manual. DVD 2
  • Web server, memungkinkan server debian difungsikan sebagai  web server yang diperuntukan untuk menyimpan halaman-halaman web yang siap diakses oleh client. DVD1

    Dan masih banyak lagi paket-paket aplikasi server yang siap digunakan jika diperlukan.

Aplikasi-aplikasi server diatas, umumnya tidak langsung aktif atau terinstal begitu saja, sehingga untuk dapat menggunakan paket aplikasi tersebut, aplikasi tersebut perlu diinstal di server debian.
Cara instal aplikasi di linux termasuk debian sangat berbeda sekali dengan windows, umumnya setiap paket aplikasi yang diinstal sumbernya harus dikenali terlebih dahulu oleh sistem operasi, maka langkahnya yaitu dengan memasukan DVD kedalam VirtualBox.

  1. Masukan DVD kedalam VirtualBox dengan cara klik Device lalu Optical Drives dan pilih DVD yang akan kalian pasang.
  2. Sekarang ketikan perintah apt-cdrom add, tunggu sampai proses selesai dan cobalah menginstal paket debiannya.
  3. Jika sudah pernah terpasang dvd kalian sudah bisa install paket yang akan kalian install. dan biasanya jika instal paket Debian dan paket tersebut tidak ada di DVD yang terpasang, otomatis Debian tersebut memerintahkan kita untuk memasukan DVD seperti gambar dibawah. 
  4. Disini kita ulang tahap 1 tadi memasukan DVD baru.Sekarang kalian tinggal tekan ENTER dan instalasi akan berjalan.


Alternatif Cara Mengganti DVD Debian pada Virtualbox
  • Pertama buka VirtualBox, lalu pilih Debian dan klik storage.
  • Tambah DVD Debiannya satu persatu.
Hingga jadi seperti gambar dibawah ini :


  • Buka Debian kalian, lalu kalian ketikan perintah apt-cdrom add dan otomatis semua dvd sudah terkoneksi dengan Debian kalian.





Semoga Bermanfaat.

Post a Comment for "FIX : Mengatasi Error Unable to locate package Pada Debian VirtualBox"

Berlangganan via Email