Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian, Fakta, Manfaat dan Kerugian Teknologi 5G


Mengawali Tahun 2020 perkembangan teknologi didunia semakin maju, dengan adanya Teknologi baru yaitu 5G yang dapat melakukan download ataupun uploud semakin cepat dengan 3x lebih cepat dibandingkan jaringan 4G.

5G merupakan pengembangan dari teknologi 4G, 3G dan 2G. Sistem 5G menyediakan jaringan yang 3x lebih cepat daripada teknologi sebelumnya.
Setiap Generasi berubah secara signifikan dari yang sebelumnya, seperti di bawah ini: 

1G - Panggilan Telepon Analog
2G - Panggilan & Pesan Telepon Digital
3G - Panggilan Telepon, Perpesanan & Data
4G - Panggilan Telepon, Pesan & Data, Pesan Suara dengan Kecepatan Tinggi

Smartphone atau perangkat elektronik lainnya menggunakan frekuensi radio yang biasanya di bawah 6GHz. Tetapi jika semakin banyak perangkat yang online, ini mengurangi kecepatan dan memungkinkan koneksi yang terputus. Sebagai solusi, frekuensi ini sekarang ditingkatkan menjadi 300GHz.

Beberapa fakta tentang 5G
  1. Pertama, Modem 5G diperkenalkan oleh Qualcomm.
  2. Negara pertama yang mendukung 5G adalah Korea Selatan.
  3. Ada 40.000 pelanggan dalam 1 hari & 1 juta pelanggan hanya dalam 69 hari.

Apa Manfaat 5G?
  1. Dengan kecepatan, itu juga meningkatkan waktu respons. Ketika jaringan 4G merespons dalam 50 MS, 5G dapat merespons dalam 1 MS. Ini akan memastikan pengalaman yang efisien bagi pengguna.
  2. Kecepatan unduhan rata-rata adalah 1GBps. Menurut ITU, aplikasi seluler atau web 5G, secara umum, harus dapat mengirimkan data dengan kecepatan 10 gigabit per detik dan dalam beberapa kasus 20 Gigabit per detik.
  3. 5G akan meningkatkan jaringan seluler, tidak hanya untuk menghubungkan orang tetapi juga untuk menghubungkan dan mengontrol mesin dan objek secara efisien. Ini akan menjadi dasar dari VR & IOT utama. Objek yang diaktifkan IOT juga akan menggunakan Teknologi 5G ini.
  4. Teknologi ini bisa membuat teknologi Mobil AutoPilot tercapai.
  5. Teknologi ini juga bisa memungkinkan pabrik sudah menggukanan robot secara stabil untuk melakukan produksi.
  6. Teknologi ini dapat membuat pekerjaan sangat cepat yaitu dalam hitungan detik.

Apa Kerugian 5G?

5G membutuhkan bandwidth besar, yang berarti beberapa tower akan diperlukan untuk ditempatkan berdekatan satu sama lain untuk memberikan cakupan yang lebih baik. Ini akan menyebabkan radiasi frekuensi radio. Dengan demikian, bahaya meningkatkan bahaya EMR Poisining, yang mengakibatkan sakit kepala, perdarahan hidung, sakit mata, mual, muntah, dan gejala mirip flu.

Karena masih belum ada bukti ilmiah bahwa 5G dapat berbahaya bagi kesehatan kita, tidak ada keraguan untuk menghentikannya dan bagaimana menurut kalian ?



Post a Comment for "Pengertian, Fakta, Manfaat dan Kerugian Teknologi 5G"