Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyebab & Cara Mengatasi Komputer Lemot 2020 (100% Ampuh)

Penyebab & Cara Mengatasi Komputer Lemot 2020 (100% Ampuh)

Komputer yang lemot tentunya akan menganggu kalian saat beraktivitas menggunakan komputer, Tentunya ini hal yang tidak di inginkan oleh kalian semua. Jika ada yang bertanya Kenapa sih komputer saya lemot ? ada beberapa faktor yang menyebabkan komputer anda menjadi lemot.

Faktor-Faktor penyebab komputer kalian lemot adalah :

  1. Banyak sampah yang tidak dibersihkan.
  2. Virus berjalan dibelakang layar.
  3. Startup Program Terlalu Banyak.
  4. Software yang tidak digunakan berjalan dibelakang layar.
Dengan adanya faktor-faktor diatas dapat menyebabkan komputer kalian menjadi lemot, lag, booting lama, bahkan bisa menyebabkan Overheat. Maka dari itu cobalah solusi dibawah agar komputer kalian tidak lemot.

Cara mengatasi komputer lemot kalian menjadi lancar kembali dengan cara sebagai berikut :

1.Bersihkan Temp dan Recycle Bin

Jika hard drive Anda hampir sepenuhnya penuh, komputer Anda mungkin berjalan lebih lambat. Hapus file - file yang sekiranya tidak penting.
Cara membersihkannya yaitu dengan :
  • Klik Kanan pada Recycle Bin dan pilih Empty Recycle Bin.
  • Tekan tombol Windows + R lalu ketikan "%temp%" Dan hapus semua file yang ada difoldernya.
Dalam Pembersihan sampah disini kalian bisa menggunakan cara tercepat yaitu dengan menggunakan bantuan Software CCleaner, agar semua sampah yang ada pada komputer terhapus semua.

2. Hardisk perlu di Defragmenter

Cara Mengatasi Komputer Lemot

Defragmenter ini berfungsi untuk mengstabilkan komputer anda dan memperbaiki bad sector pada hardisk kalian. Bad Sector inilah salah satu penyebab komputer anda menjadi lemot dengan cara inipun bisa mengatasi komputer kalian yang lemot.
Dengan mendefrag hardisk, data yang tersimpan akan tersusun rapi, sehingga ada lebih banyak ruang tersisa dalam memori hardisk. 
Cara Defragmenter Hardisk
  • Tekan Windows + E Untuk membuka Windows Exproler.
  • Klik kanan pada hardisk kalian (C:) lalu pilih Properties.
  • Pilih Tab Tools lalu pilih Optimize.
  • Kemudian Pilih Hardisk Analyze Secara otomatis, sistem akan melakukan analisis sebelum mendefrag partisi hardisk yang anda pilih.
  • Jika Harus DiDefrag kalian tinggal pilih Optimize.
  • Tunggu hingga sistem selesai melakukan tugasnya. Lama proses defragment bergantung tingkat ‘keberantakan’ file data anda.

3.Temukan Program Yang Menggunakan Banyak Memory

PC kalian berjalan lambat mungkin karena ada program yang menghabiskan banyak memory dari komputer kalian. 
Cara Mengetahuinya buka Task Manager dengan menekan tombol Ctrl + Shift + Esc pada keyboard. Kemudian bisa kita lihat pada "CPU," "Memory," dan "Disk" untuk mengurutkan daftar berdasarkan aplikasi menggunakan resource terbanyak.Jika ada aplikasi yang menggunakan terlalu banyak resource dan tidak terlalu penting untuk dipakai, Anda bisa menutupnya secara normal, atau jika tidak bisa pilih end task untuk menutupnya secara paksa.
Cara Mengatasi Komputer Lemot

Contohnya seperti gambar diatas ini. Dalam keadaan ini saya sedang fokus kedalam software Photoshop karena sedang edit foto, nah dikarenakan Chrome tidak terlalu penting dan memakan banyak RAM (1GB+) maka saya End Task Chrome tersebut dan Komputer sayapun kembali normal.

4.Nonaktifkan startup program yang tidak dibutuhkan

Cara Mengatasi Komputer Lemot



Mencegah aplikasi yang sekiranya tidak di butuhkan agar tidak dijalankan saat startup bisa membuat komputer kalian menghemat memori dan siklus CPU, serta mempercepat proses booting pada windows.
Cara menonaktifkannya Startup Program :

  • Tekan tombol Ctrl + Shift + Esc untuk membuka task manager. 
  • Kemudian klik ke Tab Startup dan nonaktifkan software startup yang tidak Anda butuhkan.

5.Kemungkinan komputer Anda lambat karena ada virus yang memperlambatnya dan berjalan di latar belakang.

Cara Mengatasi Komputer Lemot


Jika komputer terserang virus/ malware/ spyware, selain komputer menjadi lambat juga berpotensi bisa merusak data-data yang tersimpan dalam komputer hingga mengancam privasi anda jika anda menggunakannya untuk berselancar di internet. Maka dari itu cobalah Scan Komputer kalian dengan Antivirus yang terinstal pada komputer kalian.

6.Uninstall Program yang tidak dibutuhkan

Cara Mengatasi Komputer Lemot

Saat menggunakan DriverPack pasti banyak menginstall banyak sekali program yang tidak dibutuhkan. Terkadang ada juga dua buah program yang serupa/ sejenis, padahal kita bisa memakai salah satunya saja.


Banyaknya program terinstall yang memepengaruhi kapasitas memori pada komputer, dan tentunya mempengaruhi kinerja komputer menjadi lemot. Sebaiknya kita meng-uninstall program yang tidak diperlukan, dan tidak perlu memasang lebih dari satu program yang sejenis, supaya kapasitas ruang memori lebih besar, dan kinerja komputer tidak terlalu berat.

Semoga artikel ini bisa menjadi solusi ataupun mengatasi malasah pada komputer kalian.

Post a Comment for "Penyebab & Cara Mengatasi Komputer Lemot 2020 (100% Ampuh)"

Berlangganan via Email